E-BUSINESS
E-BUSINESS
A.PENDAHULUAN
a.Pengertian
E-bisnis merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan teknologi internet
b.Latar Belakang Masalah
agar saya memahami apa yang dimaksud dngan E-bisnis
B.MAKSUD DAN TUJUAN
memahami E-bisnis dan aplikasi yang memudahkan untuk melakukan kegiatan e-bisnis
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
-apa itu e-bisnis
-awal perkembangan e-bisnis
-akibat positif dan negatif dari e-bisnis
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
dapat memahami pengertian dan juga aplikasi2 yang bersangutan dengan e-bisnis
E.METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
membahas dan bersidkusi mengenai e-bisnis bersama-sama
F.Alat dan Bahan
-laptop
-materi mengenai e-bisnis
-koneksi internet
G.Target Waktu
08.00-16.00
H.Tahapan Pelaksanaan
-pengertian
e-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). Dalam hal ini, semua dilakukan melalui teknologi informasi dan komunikasi serta kolaborasi dan interaksi komunikasi antara manusia dan organisasi melalui teknologi tersebut. Teknologi dimanfaatkan sebagai alat pertukaran, penyimpanan pemrosesan dan pengiriman informasi. Semua cakupan e-Business yang diperlukan, diintegrasikan ke dalam sebuah aplikasi yaitu E-Commerce yang menghubungkan perusahaan, konsumen bahkan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
-awal perkembangan e-bisnis
Pada tahun 1970-an, Aplikasi e-Business pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT). Dalam perkembangan berikutnya, diketemukannya Elektronic Data Interchange (EDI) yang digunakan untuk mentransfer data secara rutin, seperti dokumendokumen sampai pada transaksi keuangan. Pada tahun 1990 dimana teknologi WWW, semakin maju karena tidak hanya menampilkan data saja melainkan sudah mampu menampilkan data gambar, suara, animasi bahkan video. Pada tahun 2000-an, perkembangan e-Business, semakin pesat dimana banyak perusahaan-perusahaan di Amerika, Eropa, Asia bahkan Indonesia telah beralih dalam konsep memasarkan produkproduknya melalui Internet.
-akibat positif dan negatif dari e-bisnis
-akibat positif
1. Revenue Stream baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure).
3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Memperpendek waktu produksi dan pemasaran.
7. Meningkatkan mata rantai pendapatan (value chain).
-akibt negatif
1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Tindakan ini bisa menyingkap semua informasi rahasia organisasi kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban. 4
2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidak jujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
I.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA.
saya masih bingung dengan beberapa kata di modul tersebut
solusi : mengopi kata-kata tersebut dan mencari refrensinya melalui google
J.REFERENSI
modul atau E-book E-business