Etika komunikasi

APA SIH ETIKA KOMUNIKASI ITU??


A.PENDAHULUAN
a.Pengertian
-Etika dapat diartikan sebagai suatu norma atau aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam bertindak dan berperilaku di masyarakat terhadap seseorang yang berhubungan dengan sifat baik dan buruk.
-Komunikasi diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi baik pesan, ide maupun gagasan dari satu pihak kepada pihak lain yang umumnya dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.
-Etika komunikasi adalah karakter saat kita berbicara atau sopan santun saat berbicara baik secara langsung atau pun melalui media sosial. 

b.Latar Belakang Masalah
karena etika sangat diperlukan pada saat kita berinteraksi atau pun berkomunikasi bersama siapa pun 

B.MAKSUD DAN TUJUAN
supaya kita tau bagaimana ber etika yang benar dalam berkomunikasi 

C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
-pengertian etika komunkikasi 

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
- Menjadi lebih paham mengerti mengenai Etika Komunikasi
- Dapat Mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari hari
- Menyampaikan informasi dengan tepat

E.METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN
-mendengarkan pembicara 
-saling menyampaikan pendapat 

F.Alat dan Bahan
-laptop
-koneksi internet 

G.Target Waktu
08.00-16.00

H.Tahapan Pelaksanaan

a. Etika Komunikasi Adalah :
    Etika adalah akhlaq dalam hubungan antar manusia contoh siswa dengan guru harus sopan. Sedangkan komunikasi adalah hubungan interaksi antar manusia, berupa pengiriman dan penerimaan pesan. Jadi etika komunikasi bisa diartikan sebagai prinsip yang mengatur hubungan interaksi antar manusia. Etika komunikasi juga dapat diartikan sebagai norma, nilai, dan tingkah laku dalam menjalin komunikasi

b.etika dan etiket yang baik dalam komunikasi 
1. Jujur tidak berbohong 
2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan 
3. Lapang dada dalam berkomunikasi 
4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik 
5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien 
6. Tidak mudah emosi / emosional 
7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog 
8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan 
9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan 
10. Bertingkahlaku yang baik

c. Teknik komunikasi yang baik
- Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
- Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
- Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan
  karakteristik lawan bicara.
- Menggunakan volume, nada, intonasi suara serta kecepatan bicara       yang baik.
- Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku
   seperti berjabat

d. Etika yang harus ditaati berdasarkan 5w+1h
1.Who ( Siapa )
    Dengan mengetahui siapa yang kita ajak berkomunikasi, kita bisa langsung menyesuaikan diri. Nada suara, gerak tubuh, pandangan mata, hendaknya seirama dengan siapa kita berbicara. 
2.What ( Apa )
    Setelah tahu siapa yang menjadi teman kita berkomunikasi, kita bisa menyesuaikan apa yang hendak kita bicarakan. Rasanya tidak akan nyambung berbicara tentang reksadana syariah kepada orang yang tidak tahu bahkan tentang bank sekalipun. Hanya buang-buang waktu dan membuat kita semakin kesal.
3.Where ( Dimana )
Memilih topik sesuai dengan tempat berkomunikasi
4.When ( Kapan )
Mengetahui waktu yang tepat kapan harus melakukan komunikasi
5.Why ( Kenapa )
    Mengapa, suatu pertanyaan yang bisa menjadi tujuan dari arah pembicaraan. Tujuan ini disesuaikan dengan siapa, apa, di mana, dan kapan kita mengutarakan maksud dan tujuan kita. Menentukan arah pembicaraan itu penting. Selain agar bisa lebih fokus, tujuan akan membuat kita memilih kata-kata yang tepat untuk mendapatkan sasaran.
6.How ( Bagaimana )
    Menggunakan cara penyampaian yang baik , apabila cara penyampaian tidak baik dapat menghancurkan sebuah komunikasi

e.Dua Macam Etika yang Berkaitan Dengan Nilai dan Norma
1.Etika Deskriptif
    Etika deskriptif menempatkan kebiasaan yang sudah ada di dalam masyarakat sebagai referensi penilaian kebenaran/acuan etis. ( Masyarakat Sekitar )
2.Etika Normatif
    Etika normatif mendasarkan diri pada sifat hakiki kesusilaan bahwa di dalam perilaku serta tanggapan-tanggapan kesusilaannya, manusia menjadikan norma-norma kesusilaan sebagai panutannya. ( Umum )

f. Manfaat Etika Komunikasi
- Melancarkan komunikasi dengan orang lain
- Memahami apa yang dikomunikasikan orang lain.
- Diterima dalam sosial masyarakat karena mengikuti etika
  yang berlaku.
- Memperkuat hubungan yang terjalin dengan orang lain.
- Pesan yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik.
- Dihargai orang lain karena kita menghargai mereka juga.
- Tidak bertindak sembarangan dan seenaknya dalam berkomunikasi.

I.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
setelah mengetahui tentang etika komunikasi kembali saya jadi lebih paham bagaimana cara berbicara yang baik,benar, dan harus tau keadaan saat hendak berbicara dengan lawan bicara, apakah si awan bicara sedang sibuk ataupun tidak 
  
J.REFERENSI
-materi pdf 
-wikipedia





Postingan Populer