ETIKA KOMUNIKASI

 ETIKA KOMUNIKASI


A.PENDAHULUAN

a.Pengertian

etika yaitu karakter,watak kesusilaan atau adat kebiasaan 

jadi etika komunikasi adalah suatu sikap atau adab yang di gunakan saat berbicara atau berkomunikasi dengan seseorang.

b.Latar Belakang Masalah

agar dapat berkomunikasi dengan baik 


B.MAKSUD DAN TUJUAN

menjelaskan beberapa etika yang harus dimiliki saat akan berkomunikasi 


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

-apa itu etika

-etika dan etiket saat berkomunikasi

-5W+1H untuk berkomunikasi


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

dapat melakukan komunikasi sesuai dengan etika berkomunikasi


E.METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN

membaca materi yang di berikan dan di lakukan di dunia nyata


F.Alat dan Bahan

-Laptop

-Jaringan

-Reverensi

-charger


G.Target waktu

08.00-12.00


H.Tahapan Pelaksanaan

-apa itu etika

yang saya dapat dari wikipedia, Etika adalah konsep penilaian sifat kebenaran atau kebaikan dari tindakan sosial berdasarkan kepada tradisi yang dimiliki oleh individu maupun kelompok

-etika dan etiket saat berkomunikasi

1. Jujur tidak berbohong 

2. Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan 

3. Lapang dada dalam berkomunikasi 

4. Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik

 5. Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien

 6. Tidak mudah emosi / emosional 

7. Berinisiatif sebagai pembuka dialog 

8. Berbahasa yang baik, ramah dan sopan 

9. Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan 

10. Bertingkahlaku yang baik

-5W+1H untuk berkomunikasi

1. Who (siapa) Dengan mengetahui siapa yang kita ajak berkomunikasi, kita bisa langsung menyesuaikan diri. Nada suara, gerak tubuh, pandangan mata, hendaknya seirama dengan siapa kita berbicara. Misalnya, bila berbicara dengan anak-anak, nada suara agak direndahkan, gerak tubuh agak mengikuti anak-anak yang kita ajak bicara, pandangan mata menjadi lebih lembut. 

2. What (Apa) Setelah tahu siapa yang menjadi teman kita berkomunikasi, kita bisa menyesuaikan apa yang hendak kita bicarakan. Rasanya tidak akan nyambung berbicara tentang reksadana syariah kepada orang yang tidak tahu bahkan tentang bank sekalipun. Hanya buang-buang waktu dan membuat kita semakin keki. 

3. Where (Di Mana) Membicarakan tentang politik di tempat pesta ulang tahun teman? Hindari saja. Jangan menjadi perusak suasana. Bergurau secara berlebihan ketika sedang menikmati santap malam di sebuah restoran hotel yang cukup mewah saja Anda akan menjadi pusat perhatian bahkan akan dicap menjadi seorang perusuh. Bisa jadi semua mata akan memandang Anda. Lain ladang, ladang belalang. Lain kolam, lain ikannya. Apa yang biasanya kita anggap biasa, mungkin menjadi sangat luar biasa di tempat lain. Begitupun sebaliknya. Yang kita anggap bermasalah, ternyata malah menjadi adat di tempat lain. Buka mata, muka hati, buka telinga, lebarkan kulit, tajamkan penciuman, pekakan rasa, menjadi kunci bagaimana membawa diri di tempat yang berbeda. 

4. When (Kapan) Waktu sangatlah penting untuk diperhitungkan dalam menjaga etika komunikasi. Tidak mudah untuk menjadi pandai mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membicarakan sesuatu. Mengetahui tentang kebiasaan seseorang yang kita ajak berkomunikasi sangatlah penting agar apa yang kita bicarakan menjadi efektif dan efisien. Misalnya, kapan waktu yang tepat untuk melamar seorang gadis. Tentunya harus dipilih waktu luang dengan suasana yang santai. Temuilah orang tua gadis tersebut sehabis maghrib atau isya, sekitar pukul 7 atau pukul 8 malam. 

5. Why (Mengapa) Mengapa, suatu pertanyaan yang bisa menjadi tujuan dari arah pembicaraan. Tujuan ini disesuaikan dengan siapa, apa, di mana, dan kapan kita mengutarakan maksud dan tujuan kita. Menentukan arah pembicaraan itu penting. Selain agar bisa lebih fokus, tujuan akan membuat kita memilih kata-kata yang tepat untuk mendapatkan sasaran. 

6. How (Bagaimana) Tujuan baik, tapi cara penyampaian tidak baik, hancurlah sudah. Komunikasi kita bisa dianggap tidak beretika. Cara membawa rupa, rupa bisa membawa berkah atau petaka. Cara ini sangat penting untuk dipertimbangkan dengan matang. Salah-salah semua yang sudah kita rencanakan menjadi berantakan hanya gara-gara sedikit salah melangkah.


I.TEMUAN PERMASALAHAN SERTA CARA PENYELESAIAN

MASALAHNYA.

belum dapat menyampaikan perkataan yang baik

solusi:trus berlatih agar mudah saat berkomunikasi


J.KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN

saat berkomunikasi pun harus menggunakan etika, sehingga orang yang kita ajak berbicara tidak slah mendapat informasi 


K.REFERENSI

-Eook etika berkomunikasi 

-refrensi google


Postingan Populer